10 Jenis Usaha Yang Membutuhkan Website

Pasar digital merupakan inovasi pemasaran terkini bagi kamu yang mulai merintis usaha, khususnya bisnis online. Mengimbangi perkembangan teknologi yang semakin pesat, beberapa usaha ternyata memerlukan lahan pasar yang lebih besar. Tentunya hal ini ditujukan untuk mencapai target audiens yang lebih luas.

Bergabung dengan pasar digital turut membantu kamu untuk mempromosikan produk usaha yang kamu jual tanpa harus memerlukan tenaga ekstra. Kamu tidak perlu berkeliling membagikan brosur atau menempelkan iklan di pojok-pojok jalan. Melalui digital marketing, kamu akan menemukan pelanggan-pelanggan baru dari berbagai wilayah di dunia.

Digital Marketing Untuk Usaha Kamu

Pemasaran Digital atau Digital Marketing adalah suatu bentuk pemasaran merek atau produk dengan medium platform atau media digital yaitu internet dengan tujuan untuk menarik konsumen secara cepat. Aktivitas pemasaran digital melibatkan penggunaan situs web, perangkat seluler, media sosial, SEO dan saluran serupa lainnya sehingga dapat digunakan untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.

Digital marketing sendiri memiliki berbagai macam bentuk dalam kegiatan pemasarannya. Ada digital marketing yang menggunakan SEO dan ada pula yang berbentuk kerjasama atau biasa disebut affiliate marketing. Melansir dari Gramedia Blog, berikut beberapa bentuk dari digital marketing yang bisa kamu coba untuk memperluas range usaha kamu.

  1.     Search Engine Marketing

Sesuai namanya, marketing yang satu ini menggunakan bantuan mesin pencari, misalnya seperti Google atau Facebook. Ada dua tipe pemasaran yang melibatkan SEM, yaitu melalui SEO (Search Engine Optimization) dan PPC (Pay-Per-Click). Melalui SEO, konten pemasaran dilakukan dengan cara mengoptimasi konten agar muncul di halaman pertama SEO tanpa harus membayar iklan. Sedangkan PPC dilakukan dengan membayar biaya pemasaran pada penyedia iklan agar materi pemasaran muncul pada daftar teratas dari keyword tertentu.

  1.     Affiliate Marketing

Kamu pernah menonton selebgram, selebtok, atau selebtwit memasarkan beberapa produk di akun sosial media mereka? Nah, kegiatan ini merupakan salah satu dari bentuk digital marketing yaitu influencer/affiliate marketing. Kegiatan pemasaran yang satu ini melibatkan adanya pihak lain yaitu seorang influencer atau artis atau mitra afiliasi untuk membantu penjual memasarkan produk mereka. Untuk itu, kamu perlu menimbang rate card seorang affiliate dengan budget kamu terlebih dahulu, karena semakin besar traffic yang muncul maka semakin tinggi pula rate cardnya.

  1.     Content Marketing

Kegiatan pemasaran yang satu ini melibatkan konten sebagai strategi pemasarannya. Kamu perlu membuat konten-konten yang menarik perhatian pelanggan mengenai produk yang kamu jual, bagaimana cara menggunakan atau mengonsumsinya, seperti apa bentuknya, dan lain-lain. Kamu harus bisa membuatnya semenarik mungkin supaya pelanggan tertarik untuk membeli produk kamu. Tentunya kamu harus menentukan tema dan desain produk dalam toko online kamu terlebih dahulu supaya lebih menarik.

  1.     Email Marketing

Untuk strategi pemasaran yang ini cukup old-school, tetapi masih termasuk pada bagian dari digital marketing. Marketing yang satu ini dilakukan melalui email dengan cara mengirimkan email pada pelanggan, biasanya subscriber.

  1.     Social Media Marketing

Socmed marketing berbeda dengan affiliate/influencer marketing. Jika dengan affiliate marketing kamu melibatkan orang lain, maka socmed marketing bisa kamu lakukan dengan cara mendaftarkan iklan kamu di media sosial seperti media promosi TikTok atau Instagram.

  1.     TV Advertising

Kamu bisa memasarkan iklan kamu di televisi melalui strategi pemasaran yang satu ini. Kamu dapat membeli slot untuk memajang iklan kamu pada stasiun televisi. Untuk range harga tergantung pada waktu kapan iklan kamu akan tayang, misalkan di antara penayangan acara populer yang cenderung high traffic atau acara berita.

Saat ini, digital marketing menjadi cara baru suatu perusahaan untuk menjangkau konsumen. Melalui digital marketing, perusahaan memanfaatkan beragam tools digital baik secara fisik maupun non-fisik. Digital marketing memiliki banyak manfaat dan kelebihan jika dibandingkan dengan pemasaran konvensional, khususnya dari segi biaya.

Beberapa manfaat utama digital marketing dapat diuraikan sebagai berikut:

  1.     Jangkauan pasar yang lebih luas

Cara kerja internet yang sangat menjangkau berbagai wilayah dunia berperan penting bagi bisnis online kamu. Untuk meningkatkan penjualan produk, kamu perlu target pasar yang lebih besar, seperti misalnya di e-commerce melalui toko online.

  1.     Minim biaya pemasaran

Kamu tidak perlu menambah biaya SDM atau biaya promosi fisik dengan bantuan digital marketing yang diluncurkan melalui internet.

  1.     Meningkatkan reputasi brand

Semakin banyaknya transaksi dan pemasaran melalui media digital, brand yang kamu rintis dapat semakin mudah ditemukan oleh pelanggan berikut dengan bantuan review yang terpercaya dari mereka.

 Jenis-Jenis Usaha yang Membutuhkan Website

Jika usaha kamu cenderung membutuhkan traffic yang tinggi, jajaran produk yang lebih informatif, atau kamu merasa bisnis tersebut memerlukan pemantauan yang khusus, mungkin digital marketing melalui website adalah salah satu jalan keluar bagi kamu.

Dalam suatu website, kamu dapat memasukkan informasi produk atau usaha kamu serinci mungkin, terutama apabila kamu merintis bisnis online yang besar. Terkadang, informasi di e-commerce atau toko online kurang deskriptif segala aktivitas produksi yang kamu tawarkan. Karenanya, kamu mungkin memerlukan website sebagai wadah pemasaran bagi bisnis kamu.

Berikut beberapa jenis-jenis usaha yang sekira kami memerlukan website sebagai strategi pemasarannya.

  1.     E-commerce

E-commerce atau toko online adalah jenis usaha yang paling memungkinkan untuk membutuhkan kehadiran website, terutama jika usaha kamu sudah mempunyai nama yang besar. Kalau kamu membuka toko online dan telah mendapatkan banyak review, pelanggan, atau katalog produk yang sekiranya perlu untuk kamu kembangkan lagi, maka penggunaan website dapat membantu kamu untuk menempatkan produk usaha kamu di laman yang lebih rapi dan informatif.

  1.     Bisnis jasa

Apabila bisnis yang kamu tawarkan tidak hanya berisikan 1 jasa saja, maka kamu perlu membuat rincian masing-masing jasa yang kamu jual. Misalkan kamu membuka jasa desain. Supaya calon pelanggan mempercayai bahwa hasil tangan kamu adalah yang terpercaya, kamu perlu membuat website yang berisikan berbagai macam portofolio kamu dan apa saja jasa yang kamu berikan. Dengan itu, pelanggan akan lebih muda mengeksplorasi kebutuhan mereka untuk berkonsultasi dengan kamu.

  1.     Bisnis restoran

Kamu punya usaha restoran? Jangan ragu-ragu untuk menyiapkan website bagi pelanggan-pelanggan setia kamu. Biasanya, sebelum seseorang berkunjung ke tempat makanan yang baru, mereka akan mencari informasi terlebih dahulu di internet. Dengan bantuan website, kamu dapat menerangkan seperti apa bisnis restoran kamu, mulai dari menu, foto makanan dan minuman, cara pembayaran, dimana cabang yang terdekat, dan sebagainya.

  1.     Bisnis kafe

Bisnis yang merintis dalam bidang F&B tentu memerlukan pemasaran yang menarik supaya pelanggan datang untuk mencoba. Sama seperti bisnis restoran, pelanggan akan mencari informasi terlebih dahulu sebelum mendatangi kafemu. Entah dari review orang lain atau dari iklan-iklan mengenai kafe tersebut. Dengan bantuan website, kamu dapat menerangkan seperti apa bisnis FNB yang kamu rintis, mulai dari menu, foto makanan dan minuman, suasana kafe, cara pembayaran, dan dimana kafe tersebut dibuka.

  1.     Bisnis properti

Bagi kamu yang merintis dalam bidang real estate, sebuah website bisa jadi strategi pemasaran yang oke untuk kamu. Sebagai bisnis properti, kamu bertugas untuk membantu pembeli dalam menemukan rumah atau gedung yang cocok untuk mereka. Kamu bisa menggunakan bantuan website untuk keperluan katalog properti dan informasi lengkap mengenai properti tersebut. Dengan katalog yang mudah diakses dan informatif, pembeli dapat melakukan web surfing dengan lancar dan nyaman di website bisnis kamu.

  1.     Bisnis konsultan

Dengan bantuan website, konsultan perusahaan dapat memberikan gambaran profesionalisme akan pekerjaannya. Hal ini bertujuan untuk membangun citra yang positif dan meningkatkan kepercayaan calon klien di kemudian hari. Selain itu, website juga membantu perusahaan untuk memberikan akses informasi bagi klien secara mudah dan cepat. Keberadaan website turut membantu perusahaan untuk menghitung data analitik yang dapat membantu konsultan untuk memahami perilaku pengunjung, efektivitas kampanye marketing, dan tingkat konversi. Data ini penting untuk melakukan penyesuaian strategi dan meningkatkan kinerja marketing secara keseluruhan.

  1.     Bisnis teknologi

Website adalah platform yang ideal untuk memperkenalkan produk dan layanan teknologi yang ditawarkan oleh bisnis. Ini mencakup deskripsi produk, fitur, keunggulan dibandingkan dengan pesaing, dan cara penggunaan. Website memberikan kesempatan bagi bisnis teknologi untuk membangun citra merek yang kuat dan meningkatkan kepercayaan konsumen. Desain yang profesional, testimoni pelanggan, studi kasus, dan konten informatif dapat memperkuat reputasi perusahaan di mata pelanggan potensial.

  1.     Bisnis pariwisata

Melalui platform website, perusahaan dapat menyajikan informasi lengkap tentang destinasi pariwisata yang ditawarkan oleh bisnis, seperti tempat wisata, akomodasi, transportasi, dan aktivitas yang tersedia. Pengunjung dapat dengan mudah menemukan detail yang mereka butuhkan sebelum membuat keputusan perjalanan. Dengan desain visual dan konten yang menarik, website dapat membantu untuk membangun citra merek yang kuat dan menarik bagi calon wisatawan. Ini mencakup pemilihan foto dan video yang menampilkan keindahan destinasi, serta deskripsi yang menggambarkan pengalaman yang ditawarkan.

  1.     Bisnis travel

Website adalah tempat yang ideal untuk mempromosikan penawaran spesial, diskon, paket liburan menarik, dan berbagai promosi lainnya. Informasi ini dapat menarik perhatian calon pelanggan yang mencari kesempatan untuk mendapatkan harga terbaik atau pengalaman liburan yang unik. Melalui website, perusahaan dapat menyediakan fitur yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan pemesanan tiket, akomodasi, paket liburan, dan layanan lainnya dengan cepat dan mudah. Semakin banyak pelanggan yang mencari kemudahan dalam melakukan pemesanan dan pembayaran secara online.

  1. Kursus online

Melalui website yang menawarkan jasa kursus, calon siswa dapat menemukan dan memilih kursus yang sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka melalui informasi yang tertera dalam website. Seperti contohnya deskripsi kursus, biaya, dan seperti apa kurikulumnya. Sebagai bagian dari strategi pemasaran konten, website dapat berfungsi sebagai pusat untuk menyebarkan informasi pendidikan dan konten yang relevan dengan topik kursus. Blog, artikel, video, atau webinar dapat diterbitkan secara teratur untuk menarik calon siswa dan meningkatkan otoritas domain. Fitur seperti forum diskusi, chatbox, atau area anggota eksklusif dapat digunakan untuk mendukung interaksi antara siswa dan instruktur, serta antara siswa dengan sesama siswa. Hal ini membantu dalam meningkatkan pengalaman belajar dan retensi siswa.

Are You One of Them?

Nah, apakah kamu merasa membutuhkan website untuk usaha kamu? Jika iya, saatnya kamu memulai untuk mendesain seperti apa website yang menarik untuk bisnis kamu. Untuk kamu yang ingin membuat website dari bantuan tangan-tangan profesional, silakan kunjungi laman https://gerai.id/website-development-service, atau kamu bisa mengontak desainer profesional Gerai di laman https://gerai.id/website-development-service#contact-us.

Bersama Gerai.id, kamu berada di tangan yang tepat. Gerai.id telah sukses menyalurkan jasa digital marketing melalui website, aplikasi, social media management, dan optimasi marketplace bersama brand besar yang tersebar di seluruh Indonesia.

Share: