Tips Menyusun Konten Untuk Website Bisnis

Website bisnis merupakan salah satu wadah yang digunakan dalam media promosi suatu usaha untuk mencapai target pasar yang lebih luas sekaligus mempromosikan produk, meningkatkan visibilitas merek, dan menghubungkan dengan klien secara online. Website bisnis ditata dengan sebaik dan semenarik mungkin untuk mencapai target audiens.

Karena fungsi website adalah sebagai salah satu strategi pemasaran, maka konten dalam website bisnis harus memiliki hook. Dalam artian lain, your content is the key for your website to work just perfectly.

 

Bagaimana Isi Konten Pada Website Bisnis?

Sebuah website bisnis pada umumnya menampilkan katalog bisnis dengan desain yang informatif. Namun isi konten pada website bisa berbeda-beda tergantung pada kebutuhan tiap-tiap bisnis.

Beberapa karakteristik umum dari suatu website bisnis meliputi:

  1. Informasi Produk atau Layanan.

Suatu website akan lebih mudah untuk dieksplorasi apabila website tersebut berisikan informasi mengenai produk atau layanan bisnis yang lengkap, seperti misalkan harga atau spesifikasi produk.

  1. Kontak dan Lokasi.

Untuk memudahkan calon customer menghubungi perusahaan, website harus menyantumkan info kontak dan lokasi toko. Apabila bisnis tersebut memiliki banyak agen/reseller, maka info kontak dan lokasi reseller juga perlu dicantumkan agar customer dapat menghubungi agen terdekat dari lokasinya.

  1. E-Commerce.

Bagi bisnis yang melakukan transaksi jual belinya secara online khususnya di laman e-commerce, akan lebih baik jika alamat e-commerce turut dicantumkan dalam website. Hal ini guna mempermudah pelanggan untuk melakukan pembelian langsung melalui situs terkait.

  1. Tentang Perusahaan.

Biasanya dalam suatu website perusahaan, terdapat laman berisi visi dan misi perusahaan serta nilai-nilai dalam perusahaan. Hal ini dapat menjadi pion dalam membangun kepercayaan antara perusahaan dengan pelanggan.

  1. Blog atau Berita.

Beberapa website bisnis menyediakan laman blog untuk artikel seputar topik yang relevan dengan produk atau layanan yang ditawarkan dan laman berita untuk update mengenai promosi atau diskon perusahaan.

  1. Optimasi SEO.

Perusahaan perlu menerapkan praktik SEO (Search Engine Optimization) untuk meningkatkan peringkat situs di mesin pencari seperti Google, sehingga website lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan.

  1. Responsive dan User-Friendly.

Apabila suatu perusahaan memiliki website, pastikan desain website yang digunakan harus responsif, artinya dapat diakses dengan baik baik melalui desktop maupun perangkat mobile, serta mudah dinavigasi oleh pengguna. Hal ini berguna untuk menjaga ketertarikan pelanggan saat web surfing di website perusahaan.

Dengan memungkinkan perusahaan untuk mencapai audiens online yang lebih besar dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik kepada pelanggan potensial mereka, website perusahaan dapat menjadi alat pemasaran dan penjualan yang sangat efektif.

 

Lalu, Apa Yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Konten Website Bisnis?

Cara membuat konten web yang menarik adalah tantangan besar bagi pemula. Selain hal-hal teknis seperti menentukan niche, memilih platform website, dan menentukan nama domain yang tepat.

Saat membuat konten untuk bisnis, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan agar konten yang dibuat tampak efektif dalam mencapai tujuan bisnis serta menarik perhatian target audiens.

  • Tujuan dan Strategi Konten.

Pastikan konten yang Anda buat memiliki tujuan yang jelas dan sesuai dengan strategi pemasaran perusahaan Anda. Apakah tujuannya untuk membuat orang lebih tahu tentang bisnis tersebut, menarik prospek baru, meningkatkan penjualan, atau memperkuat hubungan dengan pelanggan lama?

  • Penargetan Audiens.

Kenali target audiens Anda. Konten yang efektif harus sesuai dengan preferensi, kebutuhan, dan kebiasaan konsumen potensial Anda. Ini termasuk memahami demografi, minat, dan masalah mereka, serta bagaimana produk atau layanan Anda dapat menyelesaikan masalah mereka.

  1. Kualitas Konten.

Pastikan Anda membuat konten yang berkualitas dan sesuai dengan layanan bisnis yang Anda tawarkan. Akan lebih baik jika Anda menggunakan gaya penulisan dan bahasa yang sesuai dengan bisnis Anda untuk memastikan konten Anda relevan, informatif, dan bermanfaat. Anda perlu memastikan konten-konten media dan tulisan yang berada dalam website telah cukup responsif. Pastikan bahwa konten video, konten gambar, dan konten infografis yang dimuat ke website bisa meningkatkan daya tarik pembaca untuk tetap berada dalam website Anda.

  1. Keyword (Kata Kunci).

Sebelum membuat konten, Anda perlu melakukan keyword research atau menentukan kata kunci apa yang tepat supaya website Anda dapat muncul di SEO. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan seperti apa keyword volume yang akan digunakan. Keyword Search Volume adalah suatu konsep dalam SEO atau Search Engine Optimization yang mengacu pada jumlah pencarian rata-rata dalam sebulan untuk kata kunci tertentu. Hal ini berguna untuk memberikan website Anda peluang yang lebih besar untuk dicari di internet.

  1. CopyWriting.

Copywriting yang baik dimaksudkan untuk menarik pengunjung website sejak awal. Judul yang menarik, pembukaan yang kuat, atau penawaran yang menggiurkan dapat membantu Anda mencapai ini. Tujuannya adalah untuk menarik pengunjung untuk terus membaca konten website Anda.

 

Ingin Konten Bisnismu Jadi Lebih Menarik?

Jika Anda ingin website perusahaan Anda tampak lebih menarik bersama bantuan tangan-tangan professional, silakan kunjungi laman https://gerai.id/website-development-service dimana Anda dapat menggunakan jasa pembuatan website yang terpercaya bersama Gerai.id.

Gerai.id telah berhasil membawa perusahaan-perusahaan ternama di seluruh Indonesia menuju dunia pemasaran yang modern dan menakjubkan. Bersama Gerai, Anda menjadi bagian dari pemajuan pasar modern di industri global.

Share: