Responsive Design: Mengapa Penting Untuk Website Anda?

Loading konten terlalu lama, tulisan terlalu kecil, button sulit ditemukan? Hal-hal tersebut merupakan poin penting yang harus Anda perhatikan terkait website perusahaan Anda.

Dilansir dari website Marketingdive, 53% dari pengguna internet akan meninggalkan suatu website jika loading page-nya terlalu lama. Selain itu, dapat kita lihat bahwa sebagian besar pengguna internet melakukan web surfing melalui smartphone mereka. Pengaturan tulisan yang menyesuaikan layar ponsel turut pula menjadi perhatian lebih, mengingat easy access adalah salah satu keunggulan utama dari sebuah website.

Dengan kata lain, jika website Anda masih lambat saat diakses, you can kiss your website a goodbye.

Oleh karena itu, RWD atau Responsive Web Design adalah solusi yang tepat bagi Anda.

Sounds Interesting? Mengenal Responsive Web Design

Responsive Web Design atau RWD adalah sebuah metode sistem web desain yang bertujuan untuk mengoptimalkan pengalaman UX (user experience) saat aktivitas web surfing dalam berbagai bentuk perangkat, seperti misalnya mobile phone atau komputer. Web akan otomatis beradaptasi jika dibuka melalui perangkat mobile berukuran kecil (smartphone) maupun perangkat dengan ukuran monitor yang besar (komputer). Selain itu, ukuran huruf, gambar dan tata letak akan menyesuaikan lebar layar dan resolusi layar monitor yang tersedia.

Sebagai hasil, user akan lebih mudah membaca dan melihat informasi di web dengan nyaman sama ketika ia melihat melalui perangkat komputernya.

Bisa dibilang, Responsive Web Design adalah bentuk desain website yang lebih mobile friendly, mengingat tingginya arus trafik dari konsumen melalui smartphone. Apabila desain suatu website tidak responsif, maka dampak yang kemungkinan terjadi adalah hilangnya trafik dan konsumen. Desain website yang responsif turut membantu kecepatan akses website dan meminimalisir bounce rate yang terjadi.

Mengapa Penting Untuk Website Anda?

Fungsi utama Responsive Web Design adalah untuk memaksimalkan UX (user experience) dalam aktivitas web surfing bagi user dalam bentuk perangkat apapun. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda perlu menggunakan Responsive Web Design.

  1.     Mempermudah akses website.

Website yang responsif akan mempermudah akses bagi user dalam perangkat apapun. Hal ini tentunya penting bagi website Anda supaya tetap bisa diakses kapanpun dan dimanapun.

  1.     Meminimalisir tingkat bounce rate.

Dengan kehadiran yang easy access, tingkat bounce rate user dapat diminimalisir. Rata-rata user akan langsung meninggalkan suatu halaman setelah dibuka karena akses loading-nya terlalu lama atau isinya tidak beraturan hingga cenderung amburadul.

  1.     Membantu peningkatan algoritma pada SEO.

Tampilan website yang responsif ternyata mempengaruhi peringkat website di mesin pencarian. Apabila website Anda menggunakan Responsive Web Design, visibilitas website Anda akan meningkat di SEO. Aksesibilitas yang menjangkau audiens dalam jumlah besar tentunya akan membawa profit bagi Anda.

  1.     User Experience (UX) yang lebih nyaman.

Tatanan dan pengaturan Responsive Web Design telah diatur sedemikian rupa supaya konten menyesuaikan dengan ukuran layar perangkat. Hal ini dapat memberikan pengalaman user yang lebih nyaman dan eksploratif saat mengakses website tersebut.

  1.     Minim maintenance.

Memiliki satu website yang memadai baik untuk mobile dan desktop jauh lebih mudah dari segi pemantauan dan pemeliharaannya. Satu website yang mumpuni dapat mengurangi waktu dan biaya ekstra untuk maintenance.

Selain keunggulan-keunggulan di atas, website yang mudah untuk diakses turut berperan dalam retensi user website yang telah masuk. Konten-konten dalam website merupakan pion yang menarik perhatian user untuk tetap berada dalam website Anda. Tingkat perhatian user berpengaruh besar pada grafik bounce rate website, karenanya Responsive Web Design menjaga agar web tampak menarik sebagaimana ia didesain untuk bentuk monitor besar maupun bentuk layar yang lebih kecil.

Mengenai retensi user website, Anda perlu memahami konsep dan desain produk Anda agar disesuaikan dengan desain web yang menarik. Kegunaan Responsive Web Design juga bisa meminimalisir waktu untuk proses develop website dengan tampilan yang sama. Kunci utama dari website yang responsif adalah layout dan tata letaknya yang diatur sedemikian rupa.

Cukup Tertarik? Berikut Jasa Pembuat Responsive Web Design yang Unik!

Anda merasa website perusahaan Anda belum cukup maksimal? Mulai langkah pertamamu dengan mendesain website dengan fitur dan tampilan yang menarik melalui prinsip-prinsip berikut:

  1.     Layout yang Fleksibel

Responsive web design memaksimalkan fleksibilitas layout yang menyesuaikan dengan layar kaca user. Ini merupakan prinsip dasar dari sebuah web yang responsif guna menarik perhatian user saat mengakses website Anda.

  1.     Media Query

Untuk memaksimalkan tampilan website Anda, media gambar maupun video atau GIF berperan penting sebagai bentuk responsif. Desain media yang ingin disesuaikan dengan bentuk layar user perlu ditambahkan kode CSS agar bentuknya tidak melebihi layar atau tampak terlalu kecil.

  1.     Tipografi

Untuk mengembangkan website Anda supaya lebih responsif, Anda perlu menggunakan patokal pixel sebagai penentuan ukuran tipografi. Dengan demikian, tulisan di layar user akan menyesuaikan dengan parent container dan juga ukuran layar.

Apabila Anda tertarik untuk membuat responsive web design dengan bantuan tangan profesional, silakan berkunjung ke laman https://gerai.id/website-development-service. Anda dapat menyewa jasa desain website yang optimal, bagus dan terpercaya. Bersama Gerai.id, we’re sure you’re on the right hand.

Gerai.id telah sukses menyalurkan jasa digital marketing melalui website, aplikasi, social media management, dan optimasi marketplace bersama brand besar yang tersebar di seluruh Indonesia.

 

Share: