Pentingnya memiliki website yang mobile-friendly!

Apa itu Website Mobile-Friendly?

Sebenarnya semua website sudah pasti bisa dilihat perangkat seluler. Namun, tidak semuanya memberikan User Experience (UX) yang baik ketika website itu diakses dari medium yang berbeda. Desain yang non-mobile-friendly membuat website tidak-nyaman untuk dilihat. Dengan permasalahan seperti, tulisan yang terlihat kecil atau terpotong membuat informasi sulit untuk dibaca, gambar yang tidak terlihat jelas, atau link yang susah untuk ditemukan.

Untuk menghindari ketidaknyamanan itu, beberapa website dirancang untuk bisa beradaptasi di berbagai perangkat selain desktop. Website yang memiliki desain responsive untuk perangkat seluler ini disebut mobile-friendly website.

Mobile-friendly website adalah website yang telah didesain untuk dapat beradaptasi dalam versi perangkat yang lebih kecil seperti smartphone atau tablet. Sebuah website yang mobile-friendly mudah untuk dinavigasi lewat smartphone. Pengguna tidak perlu lagi melakukan zoom atau menyesuaikan di pengaturan browser secara manual menciptakan kenyamanan UX yang optimal. 

Sekarang ini, memiliki website yang mobile-friendly adalah sebuah kebutuhan penting karena banyak dari pengguna mengakses internet lewat telepon genggamnya.

Kenapa Website Mobile-Friendly itu Penting?

Website yang mobile-friendly sangat berpengaruh besar terhadap performa dan traffic web-mu. Sebab, website mobile-friendly dirancang khusus untuk menyesuaikan ekspektasi dan perilaku pengguna, memberikan UX yang efektif dan memuaskan. Di bawah ini adalah beberapa alasan kenapa diperlukannya fitur mobile-friendly untuk sebuah website. 

Mempengaruhi perilaku pengunjung

Website mobile-friendly mendorong pengunjung untuk mengambil aksi seperti membeli produk atau membuat keputusan. Mengutip data dari think with google, 67% dari pengunjung lebih cenderung untuk membeli sebuah produk atau jasa layanan lewat mobile-friendly website. 

Mendorong SEO (Search Engine Optimization)

Kenyataannya, search engine mengutamakan website dengan desain yang responsive. Google memprioritaskan indeksasi konten website dari versi mobile dibanding versi desktop untuk pengguna dari perangkat seluler. Website non-mobile-friendly akan menghalangi SEO yang bisa menurunkan kedudukan di hasil pencarian.

Meningkatkan angka konversi

Website yang mobile-friendly ketika dibuka di perangkat seluler akan menampilkan konten yang telah dioptimalkan untuk layar yang lebih kecil. Seperti, tombol yang dibuat lebih besar untuk kemudahan dalam penggunaan layar sentuh. Hal ini dapat meningkatkan keterlibatan pengguna yang mana bisa mendorong conversion rates dan mengurangi bounce rates. Membuka peluang lebih besar untuk pengguna melakukan aksi yang diinginkan seperti melakukan pembelian atau mengisi form. 

Memaksimalkan waktu kunjungan

Tampilan website yang mobile-friendly memberi kenyamanan visual untuk pengunjung. Statistik dari Think with Google juga melaporkan kalau sebanyak 74% pengguna internet yang mengunjungi website mobile-friendly berkemungkinan besar untuk kembali mengakses web di kemudian hari. Sementara itu. 48% dari pengguna merasa frustasi kita harus dihadapkan dengan website non-mobile-friendly.

 

Apakah Website Kamu Sudah Mobile-Friendly?

Mengambil informasi dari Mobile internet usage worldwide, 55% traffic web diakses dari perangkat seluler. Dari sini dapat terlihat kepentingan dari memiliki website mobile-friendly yang bekerja secara baik untuk bisa memberi UX yang responsive. Kalau penerapannya salah, website yang kamu punya harus merelakan setengah dari pengunjungnya. Berikut ini kriteria untuk memastikan apakah website kamu sudah mobile-friendly.

Desain responsive untuk beragam perangkat. 

Website mobile-friendly harus memudahkan pengunjung untuk membaca konten web tanpa harus melakukan zoom secara manual. Dengan desain yang responsive, website dapat mengubah format tampilan secara otomatis mengikuti perangkat yang menjalankannya. Pengunjung tidak lagi harus melakukan zoom secara manual untuk mengetahui informasi dari konten web tersebut.  

Mudah diakses dengan navigasi sederhana. 

Pengunjung bisa menavigasi website-mu dengan mudah dan cepat, menciptakan UX yang efektif. Tombol navigasi dibuat dengan mempertimbangkan ruang terbatas yang ada pada layar kecil. Navigasi lebih sederhana dan terlihat jelas, lalu jarak antara elemen navigasi dibuat lebih besar untuk menghindari salah klik. 

Waktu pemuatan halaman yang cepat

Kecepatan loading halaman sangat berpengaruh terhadap website kamu dan UX yang efisien. Mobile-friendly website mendukung kebutuhan pengguna mengakses halaman secara cepat, dengan memperkecil ukuran file yang bisa memastikan waktu loading lebih cepat. 

 

Tips untuk Membuat Website Mobile-Friendly

Membuat mobile-friendly website membutuhkan ketelitian ekstra dan keahlian khusus untuk meningkatkan fungsi dan UX. Berikut ini adalah beberapa tips untuk kamu yang ingin membuat website-mu jadi mobile-friendly. 

Buat Desain yang Responsive

Desain yang responsif sangatlah penting demi UX yang memuaskan. Salah satu cara untuk membangun desain yang responsif adalah dengan menggunakan media query CSS untuk membuat tata letak yang berbeda sesuai dengan ukuran layar yang digunakan. Kamu juga harus membuat rule CSS untuk setiap breakpoint. Misalnya membuat rule set 360px untuk layar satu dan 720px untuk layar yang lain. Jangan lupa untuk juga membuat desain typography yang responsive. 

Konten yang Singkat

Layar dari perangkat seluler jauh lebih kecil dibanding layar desktop, untuk itu kurangi penggunaan text di website untuk perangkat seluler. Pengguna seluler cenderung menjelajahi web dengan cepat, maka gunakan copy yang lebih singkat untuk membuat pengunjung website-mu tertarik. 

Pemilihan Elemen Navigasi yang Tepat

Tombol merupakan elemen dengan banyak kepentingan. Seperti, mengumpan Call-to-Action (CTA) yang mendorong pengunjung untuk membeli produk dan aksi lainnya. Oleh karena itu, tombol-tombol harus mudah ditemukan dan bisa menangkap perhatian pengunjung.

Prioritaskan Optimasi Kecepatan

Mengoptimalkan waktu pemuatan halaman adalah faktor paling krusial untuk meningkatkan UX. Karena pengunjung cenderung akan meninggalkan website yang memuat lebih lama dibanding yang bisa memuat dalam waktu 3 detik atau kurang (Survey: Digital.Com). Di samping kepentingan UX, waktu loading sebuah website juga menentukan peringkatnya pada SEO. Cara yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan waktu loading adalah dengan menerapkan “lazy loading”, yaitu memuat gambar hanya ketika dibutuhkan, serta gunakan tema dan plug-in yang ringan

Kamu dapat mengecek kegunaan fungsi dan kecepatan website-mu untuk perangkat seluler dengan layanan mobile-friendly test dari google. Atau, jika kamu ingin website-mu jadi mobile-friendly tanpa harus pusing memikirkan bagaimana cara membuatnya, kamu bisa kunjungi Gerai.Id: Jasa Pembuatan Website untuk dapatkan full-service dan solusi pengembangan website yang trendy dan terpercaya.

Share: